Berita

KUD NTB Berinovasi dengan Digitalisasi, Masnun: Harus Beradaptasi dengan Perkembangan Zaman

×

KUD NTB Berinovasi dengan Digitalisasi, Masnun: Harus Beradaptasi dengan Perkembangan Zaman

Sebarkan artikel ini
Pusat KUD NTB Gelar Rapat Tahunan ke-42

Lombok Barat, NTB – Pusat Koperasi Konsumen (Pusat KUD) NTB menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-42 untuk Tahun Buku 2023 di Aula Kantor Pusat KUD NTB pada hari Sabtu (27/4). Acara yang dihadiri oleh 150 perwakilan pengurus dan pengawas KUD anggota KUD se-NTB ini dirangkai dengan pemberian santunan kepada anak yatim piatu di Desa Bengkel, Kecamatan Labuapi, Lombok Barat.

Meningkatkan Kualitas KUD dan Kesejahteraan Anggota

Rapat tahunan ini menjadi momen penting bagi Pusat KUD NTB untuk mengevaluasi kinerja tahun 2023 dan menyusun rencana strategis untuk tahun 2025. Dalam sambutannya, Ketua Umum Induk KUD NTB Drs. H. M. Masnun menyampaikan bahwa saat ini KUD NTB memiliki 128 anggota yang tersebar di seluruh NTB.

“Pada tahun 2023, kondisi organisasi dan usaha Pusat KUD NTB mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya,” ujar Masnun. “Hal ini merupakan hasil dari kerja keras dan komitmen bersama seluruh anggota dan pengurus.”

Masnun juga menekankan pentingnya optimalisasi digital untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi KUD. “KUD harus terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman,” tegasnya.

Dukungan Pemerintah dan Mitra Usaha

Dukungan dari pemerintah dan mitra usaha juga menjadi kunci penting bagi kemajuan KUD NTB. Kadis Koperasi dan UKM Provinsi NTB Drs. H. Ahmad Masyhuri, SH., dalam sambutannya mengajak semua anggota untuk terus aktif membangun usaha dan meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

“KUD harus menjadi motor penggerak perekonomian di wilayahnya masing-masing,” ujar Masyhuri. “Pemerintah NTB akan terus memberikan pembinaan dan pendampingan kepada KUD agar dapat berkembang dan bersaing dengan badan usaha lainnya.”

Salah satu bentuk dukungan konkret dari mitra usaha adalah kerjasama antara PT. JLI (Jaringan Logistik Indonesia) dan INKUD (Induk Koperasi Unit Desa) untuk membantu KUD di NTB mendapatkan modal tambahan.

“Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan perkembangan kualitas KUD dan memperluas jangkauan mitra usaha,” jelas Dewi Putri H., perwakilan MyFarm (Perusahaan Tani di Jepang) yang hadir dalam acara tersebut.

Pemberian Santunan dan Penutup Acara

Sebagai bentuk rasa syukur atas capaian dan kepedulian sosial, Pusat KUD NTB memberikan santunan kepada anak yatim piatu di Desa Bengkel. Santunan diserahkan langsung oleh Ketua Umum Induk KUD NTB kepada 100 anak yatim piatu yang hadir.

Rapat ditutup dengan pembacaan keputusan RAT dan penunjukan utusan perwakilan KUD anggota PUSKUD NTB untuk mewakili Rapat Rencana Kerja dan RAPBK tahun 2025. Acara ini berjalan dengan lancar dan kondusif hingga selesai pada pukul 12.30 WITA.

Pengamanan dari Kepolisian

Seluruh rangkaian kegiatan Rapat Tahunan ke-42 Pusat KUD NTB mendapat pengamanan dari Polsek Labuapi, Polres Lombok Barat, Polda NTB. Pengamanan ini dilakukan untuk memastikan kelancaran dan keamanan acara yang dihadiri oleh 150 perwakilan pengurus dan pengawas KUD anggota KUD se-NTB.

Kapolsek Labuapi, Iptu I Made Dwi Putrayasa S.H., menerjunkan Bhabinkamtibmas setempat dan anggota jaga Polsek Labuapi untuk mengamankan jalannya acara. “Kami ingin memastikan bahwa acara ini berjalan dengan aman dan lancar,” ujar Iptu I Made Dwi Putrayasa.

Pengamanan dilakukan sejak pagi hari hingga acara selesai pada pukul 12.30 WITA. Petugas disiagakan di beberapa titik strategis di sekitar lokasi acara. Selain itu, petugas juga melakukan patroli di sekitar area parkir dan jalan raya.

Berkat pengamanan yang ketat, Rapat Tahunan ke-42 Pusat KUD NTB dapat berjalan dengan lancar dan aman. Tidak ada insiden yang terjadi selama acara berlangsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *