Berita

Nyongkolan di Lombok Barat Berjalan Lancar dan Aman, Berkat Sinergi Polsek Kuripan dan Instansi Terkait

×

Nyongkolan di Lombok Barat Berjalan Lancar dan Aman, Berkat Sinergi Polsek Kuripan dan Instansi Terkait

Sebarkan artikel ini
Pengamanan Tradisi Nyongkolan di Dusun Perengge Dalam

Lombok Barat, NTB – Polsek Kuripan, Polres Lombok Barat, Polda NTB, sigap dalam mengamankan kegiatan adat nyongkolan yang berlangsung di Dusun Perengge Dalam, Desa Kuripan Utara, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat, pada Sabtu (27/4/2024) sore. Pengamanan ini dilakukan mulai pukul 16.30 Wita hingga acara selesai.

Kapolsek Kuripan, Iptu Fahrizal Eko Suryanto, menjelaskan bahwa pengamanan ini bertujuan untuk memastikan kelancaran dan keamanan selama berlangsungnya tradisi nyongkolan. “Kegiatan ini merupakan bagian dari budaya masyarakat Lombok, dan kami ingin memastikan bahwa tradisi ini dapat berjalan dengan lancar dan aman,” ujar Iptu Fahrizal.

Dalam pengamanan ini, Polsek Kuripan menerjunkan sejumlah personel untuk berpatroli di sepanjang rute nyongkolan. Selain itu, personel juga ditempatkan di beberapa titik strategis untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan.

Iptu Fahrizal menambahkan bahwa pihaknya juga berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya, seperti Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja, untuk membantu mengatur arus lalu lintas dan menjaga ketertiban umum.

Upaya pengamanan Tradisi Nyongkolan di Dusun Perengge Dalam ini terbukti efektif. Seluruh rangkaian kegiatan nyongkolan berjalan dengan lancar dan aman. Tidak ada laporan terkait gangguan keamanan atau kemacetan lalu lintas yang berarti selama acara berlangsung.

“Kami bersyukur bahwa kegiatan nyongkolan ini dapat berjalan dengan lancar dan aman. Hal ini berkat kerjasama semua pihak yang terlibat,” kata Iptu Fahrizal.

Tradisi nyongkolan merupakan salah satu tradisi unik yang dimiliki masyarakat Lombok. Dalam tradisi ini, pengantin pria diarak keliling desa dengan diiringi musik tradisional. Tradisi ini menjadi simbol kebahagiaan dan kemeriahan dalam pernikahan masyarakat Lombok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *