Berita

Cegah Sikap Intoleran dan Kekerasan, Sat Binmas Polres Sumbawa Barat Beri Pembekalan kepada Siswa Baru SMA Negeri 1 Poto Tano

×

Cegah Sikap Intoleran dan Kekerasan, Sat Binmas Polres Sumbawa Barat Beri Pembekalan kepada Siswa Baru SMA Negeri 1 Poto Tano

Sebarkan artikel ini

Sumbawa Barat – Sat Binmas Polres Sumbawa Barat berikan pengarahan antisipasi anak usia dini rentan terpapar paham radikal pada siswa SMA Negeri 1 Poto Tano, Kamis (25/07).

Hadir dalam acara tersebut Kepala SMA Negeri 1 Poto Tano, Pasi Ops Kodim 1628/SB, perwakilan dari Kesbangpol Kabupaten Sumbawa Barat, dan perwakilan dari Kemenag Kabupaten Sumbawa Barat.

Sikap intoleran dapat menjadi bibit awal munculnya paham radikalisme dan terorisme, sehingga perlu dilakukan upaya pencegahan dengan menanamkan jiwa patriotisme, pemahaman cinta tanah air kepada anak sejak usia dini.
Hal tersebut disampaikan Kanit Bin Polmas Sat Binmas Polres Sumbawa Barat Aipda Edi Sopandri dalam mengisi acara di SMA Negeri 1 Poto Tano.

Agar sikap intoleran yang menjadi embrio atau bibit radikalisme dan terorisme tidak tumbuh kepada anak ketika akan dewasa, maka pendidikan sejak dini dalam keluarga mulai dari bakti anak terhadap orang tua dan guru serta menanamkan rasa kecintaan terhadap tanah air harus ditumbuhkembangkan sejak dini tehadap anak-anak.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi anak terpapar paham radikalisme dan terorisme, mulai dari lingkungan di mana ada kegiatan ekstrakulikuler yang tidak terkontrol oleh sekolah, hingga orang tua yang sebelumnya sudah terpapar paham radikalisme dan terorisme.

“Orang tua juga memiliki peluang besar memaparkan anaknya paham radikalisme dan terorisme. Bila sebelumnya sudah terpapar, sehingga tidak heran ada anak yang juga menjadi pelaku aksi terorisme. Oleh karenanya, peran penting orang tua dan para guru untuk selalu mengawasi terhadap anak-anak apabila terdapat perilaku menyimpang atau aneh sebagaimana lazimnya perilaku anak agar segera dilakukan konseling.” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *