Berita

Sat Binmas Polres Bima Kota Sosialisasikan Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)

×

Sat Binmas Polres Bima Kota Sosialisasikan Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, NTB (29/1) – Pada hari Senin, 29 Januari 2024, pukul 09.00 WITA, di Halaman kantor PT. PERTAMINA Bima Kelurahan Dara, Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima, Sat Binmas Polres Bima Kota melaksanakan kegiatan sosialisasi pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) kepada anggota Satpam PT PERTAMINA Bima.

Kegiatan ini dipimpin oleh Kasat Binmas Polres Bima Kota, AKP SURATNO, bersama personel Binmas, dengan tujuan meningkatkan kesadaran anggota Satpam tentang bahaya TPPO dan peran mereka dalam mencegahnya.

Dalam sosialisasi tersebut, anggota Satpam diberikan pemahaman tentang cara-cara pencegahan TPPO, termasuk mengenali tanda-tanda orang yang akan menjadi korban perdagangan orang, serta memberikan informasi melalui jalur resmi seperti Disnaker Kota Bima jika ada warga yang akan menjadi Pekerja Migran Indonesia ke luar negeri secara ilegal.

Selain itu, anggota Satpam juga diberikan brosur terkait TPPO untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang bahaya perdagangan orang.

Kasat Binmas Polres Bima Kota juga memberikan himbauan kepada para Satpam dan masyarakat, antara lain:

Menghimbau agar selalu membantu tugas Polres Bima Kota dalam menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.
Memberikan informasi kepada Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat jika mengetahui adanya masyarakat yang akan pergi ke luar negeri sebagai pekerja migran secara ilegal.

Menghindari keluarga menjadi Tenaga Migran Indonesia (PMI) secara ilegal, serta memastikan bahwa jika ada keluarga yang akan menjadi tenaga kerja ke luar negeri, harus sesuai dengan aturan dan prosedur resmi dengan meminta informasi atau petunjuk dari Disnaker Kota Bima.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk melibatkan seluruh lapisan masyarakat, termasuk anggota Satpam, dalam upaya pencegahan TPPO demi menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif di Kota Bima.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *